Studi Sosial-Politik: Negara-Pemerintahan-Demokrasi-Pemilu-Partai Politik-Konflik-Elit-dan Kebijakan Publik

Survei Vox Populi: Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK


Survei Vox Populi: Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK -- Dua puluh empat hari menjelang pemilu presiden, sebuah survei terbaru elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menunjukkan, pasangan Prabowo-Hatta akhirnya berhasil mengungguli pasangan Jokowi-JK.


Survei yang digelar Vox Populi di 402 kabupaten/kota pada 3-15 Juni 2014, mengambil sampel sebanyak 4.898 responden. Margin error survei ini 1,8 persen. Survei dilakukan melalui pertanyaan tertutup dengan sistem wawancara.

"Prabowo-Hatta memperoleh suara 52,8 persen, sedangkan Jokowi-Kalla hanya 37,7 persen," kata Direktur Eksekutif Vox Populi Basyinursyah dalam konferensi pers di Cikini Jakarta Pusat, Jumat (20/6/2014) seperti ditulis detiknews.

Basyinursyah mengatakan survei dilakukan terhadap berbagai kelompok masyarakat, mulai dari umur, status pekerjaan, tempat tinggal, dan latar belakang pendidikan.

"Dari berbagai kelompok masyarakat yang ada, terlihat bahwa Prabowo-Hatta selalu unggul elektabilitasnya dibanding Jokowi-Kalla," ujarnya.

Pada survei itu, ditanyakan kepada para responden alasan utama memilih calon presiden secara umum. Sebanyak 23 persen responden menyatakan memilih pemimpin yang tegas dan 17,5 persen responden memilih pemimpin yang mampu di bidang ekonomi, serta 15,7 persen memilih pemimpin yang mampu menyejahterakan rakyat.

Dalam kesimpulan disebutkan, "Tingginya elektabilitas Prabwo Hatta disebabkan oleh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Prabowo Hatta dalam memecahkan segala persoalan yang dialami oleh bangsa ini, antara lain pengangguran, kesenjangan sosial, kedaulatan bangsa."

Sumber: detikNews

***
0 Komentar untuk "Survei Vox Populi: Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK "

Back To Top